Menginternalisasi nilai, norma, dan
etika akademik |
Menguasai nilai-nilai kemanusiaan
(humanity values) |
menguasai teknik,
prinsip dan prosedur pelaksanaan
asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau
berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal
bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa,
keperawatan keluarga, keperawatan gerontik, dan keperawatan komunitas, serta
keperawatan bencana |
Menguasai konsep
dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan; |
Mampu memberikan
asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin
keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan
berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belum tersedia |
Mampu mengelola
sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat dalam lingkup
tanggungjawabnya; |
Bekerja di bidang
keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik, dan memiliki kompetensi
kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya; |
menyusun laporan
atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya
berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya,
yang dapat diakses oleh masyarakat
akademik |
Utama : |
|
1.
Tim Pokja SDKI DPP
PPNI.(2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Jilid I. Jakarta : DPP
PPNI 2.
Daniels. (2010).
Nursing Fundamental: Caring & Clinical Decision Making. New York. Delmar
Cengage Learning 3.
Gail Williams, Mark
Soucy. (2013). Course Overview - Role of the Advanced Practice Nurse &
Primary Care Issues of Mental Health/Therapeutic Use of Self . School of
Nursing, The University of Texas Health Science Center at San Antonio 4.
Marry Ann
Boyd.(2002).Psychiatric Nursing Contemporary Practice, second edition. 5.
Nanda. (2005).
Nursing Diagnosis’ definition & Clasificatian. Nanda International. 6.
Price, S. And M,
Lorraine, W. (2006). Patofisiologi Konsep klinis proses-proses Penyakit. Vol
1 . Jakarta EGC. 7.
Alimul. (2018)
Pengantar Keburuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Keperawatan, Buku 1.
Jakarta :S alemba mediaka 8.
Moorehead, S.,
Johnson, M., Maas, M.L. & Swanson, E. (2012). Nursing Outcomes
Classification (NOC): Measurement of Health Outcomes, 5e. Mosby Elsevier. 9.
Nanda International.
(2014). Nursing Diagnoses 2015-17: Definitions and Classification (Nanda
International). Philladelphia: Wiley Blackwell 10.
Silverthorn, D. U.
(2012). Human Physiology: An Integrated Approach (6th Edition) |
|
Pendukung |
|
1. Potter,
P.A. & Perry,A.G. (2009). Fundamentals of Nursing. 7th Edition.
Singapore:Elsevier Pte.Ltd. Lynn, P
(2011). Taylor’s Handbook of Clinical Nursing Skills. 3rd ed. Wolter Kluwer,
Lippincott Williams & Wilkins.Philadelphia. 2. Kozier,
B., Erb, G.,Berwan, A.J., & Burke,K. (2008). Fundamentals of
Nursing:Concepts, Process, and Practice. New Jersey: Prentice Hall Health. 3. Mosby’s
Nursing Video Skills DVD Package: Basic, intermediate and advanced. 4th
Edition. Mosby 4. Martini
(2001). Fundamentals of anatomy and physiology, (5th ed.). Ch 23, pp 814-844.
New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 5. Potter,
P.A & Perry, A.G. (2007). Basic nursing essentials for practice. 6th Ed.
St. Louis, Missouri: Mosby Elsevier. 6. Tortora,
G.J. &Derrickson, B.H. (2011). Principles of anatomy and physiology. New
York: Harper Collins Publisher Inc. 7. Aiken,
T.D. (2004). Legal, Ethical, and Political Issues in Nursing. 2nd Ed.
Philadelphia: F.A. Davis Company. 8. Bertens,
K. (2002). Etika. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. 9. Ackley,
B. J. & Ladwig, G. B. (2013). Nursing Diagnosis Handbook: An
Evidence-Based Guide to Planning Care, 10e. Mosby elsevier. 10. Pott,
NL., and Mandleco, BL., (2002). Pediatric Nursing : Caring for Children and
Their Families. United State : Thomson Learning. 11. Ball,
J.W., Bindler, R.C., and Cowen, K.J., (2010). Child Health Nursing.
Partnering with children and families (second edition). New Jersey, Pearson
EducationLtd. |